Fungsi AVR Generator dan Cara Kerjanya


AVR generator sebagai komponen yang sangat penting dalam mengatur kinerja serta usia dari penggunaan generator set. Pada bagian yang satu ini merupakan jantung yang sangat penting untuk menjalankan mesin generator supaya berjalan dengan maksimal.

Sehingga penting untuk menjaga dan melindungi komponen yang satu ini supaya bisa menjaga keberlangsungan penggunaan dalam waktu yang cukup lama. Apabila AVR yang ada di generator ini memiliki kinerja yang baik tentunya akan mendukung dalam mendapatkan tegangan listrik supaya lebih stabil.

Fungsi AVR Pada Generator

Keberadaan dari AVR generator ini memiliki fungsi dalam menyeimbangkan bagian voltage tegangan listrik di sebuah generator set ataupun alat pembangkit listrik yang berhadapan dengan beban listrik yang biasanya memang mengalami perubahan sewaktu-waktu. Bahwasanya dalam arus listrik yang kondisinya tidak stabil bisa memberikan efek positif pada tegangan listrik.

Dari dampak listrik yang ditimbulkan akan memberikan efek terhadap generator yang nantinya membuat setiap perangkat elektronik di rumah mengalami kerusakan. Khususnya di bagian komponen pada power supply yang cenderung lebih mudah rusak karena kekurangan tegangan listrik saat dibutuhkan.

Tanpa adanya AVR generator tentunya semua perangkat listrik yang telah terhubung pada genset bisa mengalami kerusakan. Akan tetapi, apabila dari alat pembangkit listrik telah memiliki AVR tentunya hal seperti ini bisa diminimalisir karena secara otomatis generator akan hidup ketika dilakukan pemadaman listrik.

Cara Kerja AVR

AVR memiliki tiga langkah utama dalam menjalankan kinerjanya supaya tetap berfungsi secara optimal. Pada langkah inilah nantinya bisa dimanfaatkan dalam melakukan pemeriksaan untuk mengetahui AVR telah bekerja dengan baik.

Langkah pertama pada saat mesin sedang dinyalakan. Langkah kedua yaitu golongan utama dari AVR generator yang akan memulai kinerjanya serta memperoleh tegangan listrik.

Pada golongan itulah nantinya komponen yang mempunyai sensor memiliki peranan sebagai pembaca besaran tegangan listrik yang telah dihasilkan. Selain itu, untuk langkah yang terakhir nantinya AVR akan mengirimkan sinyal ke bagian exciter.

Itulah beberapa fungsi dan sistem kerja yang dilakukan oleh AVR generator dalam memperoleh tegangan listrik. Penggunaan AVR pada generator memiliki fungsi supaya menjaga kondisi perangkat listrik agar tidak mengalami kerusakan secara tiba-tiba.

 

CONTACT US

Contact Us

PT. Pusat Genset

Address:Jl. Cendana 10, No. 3, Jurumudi - Tangerang


Phone/Fax.:0812-1800-348

Email:eragenset@gmail.com



Handphone

Maps

WhatsApp

CS 10812 1800 348